on Kamis, 24 November 2011

Saya mau bagi-bagi ilmu nih tentang tata cara menginstalasi sistem operas windows XP..
silahkan di ikutin yahh tutorialnya...

Untuk tutorial kali ini, saya akan mengambil contoh menginstall XP di CQ40-108TU. Untuk jenis notebook lain, analogi caranya tetap sama, yang berbeda adalah SATA drivernya saja....

Ayo kita mulaiii....

Sisipkan driver yang dibutuhkan untuk pengenalan hardware ke dalam CD instalasi XP. Bagaimana cara menyisipkannya, hal itulah yang akan kita bahas kali ini. Persiapkan bahan – bahannya!!!
Apa saja bahannya? yang dibutuhkan adalah CD XP original yang anda miliki, nlite dan driver sata PC / notebook yang bersangkutan!
download link : nlite
download link : sata_cq40-108tu
catatan penting: bila nlite tidak bisa di install, mungkin perlu di install juga .Net Framework. Download di sini aja… Net framework
Setelah semua bahan disiapkan, marilah ikuti petunjuk saya di bawah ini.
1. Extract sata driver PC yang bersangkutan dalam suatu folder.
2. Buka aplikasi n-lite yang telah di install, pilih next


3. Klik BROWSE dan arahkan dimana master XP kamu simpan (bisa langsung dari CD Installer XP original ato copyan nya di hardisk)
4. NEXT.

5. NEXT.

6. Setelah itu ada pilihan pengintegrasian. Karena kita ingin mengintegrasikan Sata AHCI dan membuat bootable iso-nya jadi pilih saja “DRIVERS” dan “Bootable ISO”. Lanjut dengan klik NEXT.

7. Klik “INSERT”, lalu pilih “Multiple Driver Folder” dan kemudian pilih folder (extrak dulu kalo masih .Zip ) dimana kamu meletakkan file SATA AHCI nya. Pilih foldernya (sata_cq40-108tu) klik “OK” pilih “OK” lagi. Nah! disini harus pilih MODE yang “TEXTMODE DRIVER” dan kemudian pilih semua drivernya dan klik “OK”. Lalu NEXT.

8. Pilih YES. Setelah selesai klik NEXT.

9. Nah ntar ada pilihan burning, terserah mau burning langsung ke CD (Direct Burn)ato mau jadiin, file ISO (Make ISO) , tinggal pilih aj..

10.Semua proses NLITE sudah selesai, tinggal klik “FINISH”.
11. Kalo dijadikan ISO tinggal burn ke CD pake NERO/ program burning yang lain
12. Kalo dah jadi CD, pakai saja langsung untuk menginstall XP seperti biasa.

gimanaa??? gampang kannn???? :)


sumber: http://priambodo.org

0 Comment:

Posting Komentar

Pengunjungku..

Website counter